Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Aksi Pencurian Ikan oleh Nelayan Asing, Kapolri Kunjungi Pulau Rote

Kompas.com - 16/12/2014, 20:28 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Sutarman mengunjungi Pulau Rote, Kabupaten Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (16/12/2014). Kunjungan orang nomor satu di kepolisian itu dalam rangka menekan aksi pencurian ikan oleh nelayan asing yang akhir-akhir ini makin marak terjadi.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah NTT Ajun Komisari Besar Polisi Agus Santosa kepada Kompas.com, Selasa malam, mengatakan, kunjungan Kapolri ke pulau Rote lantaran lokasinya berada paling selatan di Indonesia yang berbatasan dengan Australia.

“Kapolri dari Denpasar langsung ke Rote pakai pesawat Polri, tiba sekitar pukul 09.00 Wita kemudian menuju ke Mapolres Rote untuk memberi pengarahan kepada para pejabat utama polda, kapolres, pamen, pama dan anggota Polres Rote. Setelah itu melaksanakan kegiatan patroli laut dengan KM Perenjak menuju ke pulau terluar, Pulau Ndao,” jelas Agus.

Di pulau Ndao, lanjut Agus, Kapolri akan meresmikan pos polisi, Pol Sub Sektor Pulau Ndao, memberikan bantuan 50 buah life jacket kepada para nelayan, memberikan bantuan sepeda motor tiga unit kepada petugas polisi Pol Sub Sektor Ndao dan bantuan sembako kepada masyarakat Pulau Ndao.

Selain itu, Kapolri juga melakukan dialog bersama masyarakat. Dalam dialog itu, Kapolri berpesan agar masyarakat bisa tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dia juga meminta masyaakat bersama Polri menjaga keamanan di wilayah Ndao, karena posisi strategis Pulau Ndao yang berada di paling selatan Nusantara.

“Pak Kapolri juga menyampaikan kepada masyarakat Pulau Ndao untuk menyiapkan lima orang pemuda yang terbaik untuk dididik menjadi bintara polisi yang nanti kalau lulus akan ditempatkan kembali di Pulau Ndao,” kata Agus.

Setelah melakukan kegiatan lebih dari lima jam di Pulau Rote, Kapolri kemudian bertolak ke Jakarta pada pukul 16.00 Wita sore tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com