Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Galungan Cuma Satu Hari, Gubernur Bali Minta Kerelaan PNS

Kompas.com - 16/12/2014, 14:22 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bali telah menetapkan libur Hari Raya Galungan pada Rabu (17/12/2014) besok. Libur satu hari ini pun fakultatif, yang artinya pegawai boleh libur atau masuk kerja. Hal ini karena terbentur dengan penyelesaian administrasi keuangan yang harus selesai tanggal 20 Desember mendatang.

"Kan hari liburnya fakultatif, boleh dilaksanakan boleh tidak. Kalau kerjaan kita banyak, kami pegawai negeri, pekerjaan banyak untuk menyelesaikan buku keuangan, surat-surat pertanggungjawaban, dan hanya boleh diselesaikan tanggal 20 Desember selebihnya sudah tidak bisa lagi," kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Denpasar, Selasa (16/12/2014).

Gubernur juga meminta kerelaan kepada PNS yang hanya libur satu hari saja, tepat di Hari Galungan, Rabu 17 Desember besok. Keesok harinya pada Manis Galungan semua PNS wajib masuk kerja.

"Oleh karena itu saya minta kerelaan kepada semua pegawai untuk libur hanya satu hari, yaitu besok. Manis Galungan (18/12/2014) harus masuk lagi. Coba lihat di Biro Hukum, Biro Keuangan, berkas itu masih setumpuk-setumpuk yang harus diselesaikan," tegas dia.

Beberapa PNS mengaku memahami keputusan ini mengingat pekerjaan memang menumpuk dan harus diselesaikan di akhir tahun. Hari Galungan yang jatuh setiap 210 hari ini memang bertepatan di bulan Desember, yang tentunya berbenturan dengan kesibukan pegawai yang harus menyelesaikan laporan keuangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com