Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Panjat Pos Menara Tertinggi di Pulau Sebatik

Kompas.com - 16/12/2014, 10:15 WIB
Suhartono

Penulis

SEBATIK, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo meninjau wilayah perbatasan RI-Malaysia dengan memanjat pos menara tertinggi di Pulau Sebatik, Selasa (16/12/2014). Presiden pun sempat menemui dua prajurit TNI AL yang berjaga 24 jam di pos tertinggi itu lengkap dengan senjata berat.

Menara kayu yang didominasi warna putih dengan aksen warna merah, seperti bendera Indonesia itu, tingginya kira-kira 18 meter. Tanpa bantuan dari ajudan atau pengawal, Jokowi meniti satu demi satu anak tangga kayu yang curam, hingga sampai ke puncak.

Di atas menara, selain menanyakan kesehatan kedua tentara yang sedang berjaga, Presiden pun sempat menanyakan perkembangan situasi keamanan dari pos menara. 

Sebelumnya diberitakan, rombongan Presiden terbang dengan menggunakan helikopter Super Puma milik TNI Angkatan Udara dan mendarat di lapangan sepak bola di Pos Marinir Sei Bajo, Pulau Sebatik.

Sesaat setelah mendarat, Presiden Jokowi langsung diserbu penduduk yang sudah menunggu sejak pagi hari. Mereka menyerbu Jokowi yang baru saja turun dari helikopter. Presiden kemudian menyambutnya dengan mendatangi dan menyalami warga.

Di sepanjang jalan menuju Pos Perbatasan Sei Pancang atau Patok 1, rombongan terbatas Presiden dielu-elukan pelajar yang dimobilisasi oleh para guru sekolahnya sambil membawa bendera Merah Putih.

Perjalanan dari helipad menuju Patok 1 perbatasan RI-Malaysia ditempuh selama kurang lebih 25 menit, sekitar 5 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com