Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Perbatasan, Menkominfo Resmikan Lima Tower BTS

Kompas.com - 15/12/2014, 21:53 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis


SAMARINDA, KOMPAS.com – Lima tower telekomunikasi di kawasan perbatasan di Kalimantan Timur (Kaltim) yang dibangun dengan APBD Pemprov Kaltim kini sudah on air dan bisa dinikmati warga perbatasan. Sebelumnya, warga di kawasan perbatasan ini mengancam akan bergabung ke Malaysia karena fasilitas yang tak kunjung dipenuhi pemerintah.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meresmikan lima tower ini. Dia berkunjung langsung ke Desa Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, Kaltim, Senin (15/12/2014). Lima tower BTS yang diresmikan ini terletak di dua provinsi. Tiga tower berada di Provinsi Kaltim, dan dua tower lainnya berada di Kalimantan Utara.

Semestinya, Presiden Joko Widodo yang meresmikan lima tower ini melalui e-blusukan. Dengan fasilitas video conference, peresmian dilakukan dari jarak jauh. Sayangnya, presiden memiliki jadwal yang padat sehingga urung diresmikan presiden.

Ada empat lokus video conference dalam acara peresmian lima tower ini. Lokasi pertama di Kota Baru, Kalimantan Selatan saat Presiden Jokowi berkunjung dan blusukan di tempat itu. Lokasi kedua di Desa tiong Ohang yang sedang dikunjungi Rudiantara. Tempat ketiga di Kantor Gubernur Kaltim yang dihadiri langsung oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. Dan lokasi ketiga berada di Kota Tarakan yang dihadiri oleh Kepala Bappenas Andrinof Chaniago dan Penjabat Gubernur Kaltara Irianto Lambrie.

Dalam video conference itu, Rudiantara mengakui minimnya fasilitas di perbatasan. Selain itu, dia juga mengakui jika perbatasan merupakan kawasan terpencil.

“Saya sudah berdialog dengan warga perbatasan dan mendengar sejumlah keluhan dari mereka. Di sini memang daerah terpencil dan minim fasilitas. Saya merasakannya sendiri,” kata Rudiantara.

Untuk menuju Desa Tiong Ohang, Rudiantara menumpang Helikopter MI-17 milik TNI AD. Helikopter pun terbang tergantung cuaca. Rudiantara mengatakan, BTS yang terpasang di perbatasan memang generasi kedua. Sementara untuk layanan internet, sudah tersedia di kantor kecamatan.

"Kami akan menyiapkan ICT dan PIK untuk layanan internet,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com