Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan di Krakatau Posco Terjadi Saat Mesin Tuangkan Besi Cair

Kompas.com - 15/12/2014, 19:40 WIB
CILEGON, KOMPAS.com — Corporate Secretary PT Krakatau Posco (KP) Christiawaty Ferania Kaseger mengatakan benar bahwa terjadi ledakan di perusahaannya pada pukul 13.10 WIB.

Menurut Christinawaty melalui pesan yang disampaikan ke kontributor Kompas TV, Suherdi, ledakan itu terjadi di area Steel Making Plant (SMP), area pabrik pembuat baja yang melakukan proses pengolahan dari besi cair menjadi baja cair.

Dia menjelaskan, peristiwa itu berawal saat mesin pabrik tengah beroperasi menuangkan besi cair di area SMP.

"Kejadian berawal pada saat penuangan besi cair dari ladle ke converter, tempat menaruh besi cair yang akan dituangkan ke converter. Biasanya enggak apa-apa," ungkapnya.‎

Diberitakan sebelumnya, sebuah ledakan terjadi di pabrik PT Krakatau Posco di Cilegon, Banten, Senin (15/12/2014). Informasi ledakan beredar di media sosial Twitter.

Kabar beredar di Twitter, sejumlah orang terluka. Kompas.com sedang berusaha melakukan konfirmasi kepada pihak-pihak terkait.

Dikutip dari situs resmi perusahaan tersebut, PT Krakatau Posco adalah pabrik peleburan besi baja patungan (joint venture company) antara PT Krakatau Steel Tbk dan POSCO Korea.

Sebelumnya, pada Januari tahun ini, tepat dua hari seusai diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pabrik ini terbakar. Akibatnya, operasional pabrik harus terhenti selama tiga minggu.

Pada Februari tahun ini juga, diberitakan bahwa terjadi ledakan di pabrik tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com