Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari 500 Warga Diungsikan dari Lokasi Longsor Banjarnegara

Kompas.com - 14/12/2014, 22:21 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, sedikitnya ada 500 warga yang mengungsi akibat bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara. Pemerintah berupaya bergerak cepat untuk membantu korban yang dievakuasi dari lokasi kejadian.

"Dari laporan tadi pagi saja sudah ada 577 pengungsi dan diperkirakan 88 orang masih tertimbun," kata Ganjar seusai menghadiri Pelantikan Pengurus Pusat Kagama di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM), Minggu (14/12/2014).

Ganjar menyatakan, bantuan logistik makanan untuk para pengungsi telah tersedia. Bantuan itu dapat langsung didistribusikan ke lokasi-lokasi pengungsian.

"Soal makanan sehari-hari tidak ada masalah, ada 100 ton siap didistribusikan. Memang yang perlu diperhatikan adalah untuk kebutuhan anak dan perempuan," ujarnya.

Untuk mempercepat proses evakuasi dan pembersihan material longsor, bantuan akan datang lagi pada hari ini berupa enam alat berat.

Secara terpisah, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa keberadaan alat-alat berat belum dapat difungsikan secara efektif untuk membersihkan lokasi dari material longsor. Hal itu karena pada saat bersamaan, langkah pencarian korban dilakukan dengan cara manual.

"Kita lihat seperti ini sekitar 10 hari, itu pun kalau evakuasi cepat. Kita coba dari Karangkobar," ujarnya di lokasi kejadian.

Ia mengatakan, lokasi kejadian merupakan daerah rawan longsor karena tanah di sana rawan mengalami pergerakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com