Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Korban Tanah Longsor di Banjarnegara Ikuti "Trauma Healing"

Kompas.com - 14/12/2014, 18:06 WIB


BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Sejumlah anak di pengungsian bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mengikuti program "trauma healing" yang diselenggarakan Kementerian Sosial.

Kepala Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) "Satria" Baturraden, Jiwaningsing di Banjarnegara, Minggu (14/12/2014), mengatakan, bencana alam tanah longsor seperti ini dapat mengakibatkan anak-anak mengalami trauma.

"Melalui trauma healing kami pulihkan kondisi psikis anak dengan permainan, mendengarkan dongeng, menggambar dan bernyanyi," katanya seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan, PSPA "Satria" Baturraden mempunyai tugas pokok dan fungsi memberikan pelayanan kepada anak-anak yang mengalami hambatan perilaku.

"Pada kesempatan seperti ini, setiap terjadi bencana kami melakukan terapi seperti ini," katanya.

Ia menuturkan, dengan memulihkan kondisi psikis anak dengan kegiatan seperti ini, maka mereka akan kembali ceria. Menurut dia, kondisi psikis anak-anak di pengungsian sementara ini tidak terlalu mengkhawatirkan.

"Namun, tidak bisa kasat mata seperti ini, karena anak itu mengendap dan bisa saja muncul pada saat-saat tertentu ketika sudah besar," katanya.

Ia mengatakan, melalui kegiatan ini mereka diharapkan melupakan peristiwa bencana tersebut.

"Kadang-kadang kejadian itu terekam dalam memorinya, dengan kegiatan ini kami harapkan trauma anak hilang," katanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com