Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Minta Warga Bandung Jadi "Pemulung"

Kompas.com - 12/12/2014, 15:05 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, meminta kepada seluruh warganya untuk memanfaatkan program bank sampah yang sudah beroperasi di Kota Bandung. Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, hal tersebut merupakan salah satu langkah untuk mengurangi jumlah sampah non organik di Kota Bandung.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh warga Kota Bandung agar tidak malu dan ragu menjadi "pemulung" dan memunguti sampah yang berserakan di jalan. "Bank sampah selain jadi tabungan ada prinsipnya, masyarakat jadi 'pemulung'. Tapi 'pemulung' yang diorganisasikan oleh wilayahnya," kata Emil di Pendopo Kota Bandung, Jumat (12/12/2014).

Lebih lanjut, Emil menjelaskan, sampah-sampah yang dipungut harus memiliki nilai jual kembali "Yang layak dijual dikumpulkan, dicatat, nanti sekian waktu dia dapat keuntungan dari tabungan ini," tuturnya.

Untuk saat ini, program bank sampah yang sudah berjalan adalah kerjasama dengan toko buku Gramedia melalui kegiatan Bandung Cleanaction.

Sementara untuk bank sampah yang bisa ditukarkan dengan potongan pembayaran listrik kerjasama dengan PLN masih dalam tahap pembicaraan. "Dengan toko buku Gramedia ada tukar sampah anorganik dengan buku. Dengan PLN ada tukar sampah anorganik dengan diskon bayar listrik. Sementara PLN masih dibicarakan. Kalau Gramedia sudah testing di kegiatan cleanaction," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com