Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Beli Pajero Sport, Wakil Rakyat Bereaksi

Kompas.com - 11/12/2014, 16:14 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

BORONG, KOMPAS.com — Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT, menyoroti pembelian mobil Mitsubishi Pajero Sport seharga Rp 400 juta oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur untuk Kepolisian Resor Manggarai. 

"Kapan anggaran pembelian mobil dibahas di Dewan? Kapan ditetapkan oleh Dewan?" ungkap anggota DPRD Manggarai Timur, Adven S Peding, dalam sidang paripurna ke-23 seusai laporan nota pengantar keuangan RAPBD Manggarai Timur untuk tahun 2015, Kamis (11/12/2014).

Politisi dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur harus menjelaskan pembelian mobil yang tergolong mewah itu kepada Kepolisian Resor Manggarai di Ruteng. Sebab, menurut dia, publik mempertanyakan pembelian mobil tersebut.

"Saya minta Bupati Manggarai Timur menjelaskan pembelian mobil mewah itu kepada Polres Manggarai di Ruteng," ujar dia.

Menanggapi hal ini, Bupati Manggarai Timur Yoseph Tote mengatakan, pembelian mobil tersebut sudah dibahas dengan anggota DPRD Periode lalu.

Tote menjelaskan, pada akhir tahun 2013, Kepolisian Resor Manggarai di Ruteng mengajukan proposal kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur untuk pengadaan kendaraan operasional. Alasannya, dengan wilayah kerja hingga ke Kabupaten Manggarai Timur, aparat Kepolisian Resor Manggarai membutuhkan kendaraan.

"Mobil yang dibeli Pemkab Manggarai Timur kepada Polres Manggarai di Ruteng bukan hibah, melainkan pinjam pakai. Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur menganggarkan pada APBD induk 2014 lalu, tetapi direalisasikan pada APBD Perubahan 2014. Mobil yang dipinjam pakai itu masih aset daerah Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur," kata Tote.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com