Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Saksikan Penenggelaman 5 Kapal di Sungai Kapuas

Kompas.com - 08/12/2014, 17:22 WIB
TARAKAN, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan menyaksikan proses penenggelaman lima unit kapal asing asal Thailand di Sungai Kapuas.

Penenggelaman kapal akan dilakukan pada 14 Desember 2014 atau bertepatan dengan Hari Nusantara oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Gellwyn Yusuf mengatakan, Jokowi dijadwalkan hanya memantau proses penenggelaman kapal melalui video telekonferensi.

"Nanti resmi tanggal 14 (Desember), Presiden akan menyaksikan penenggelaman kapal. Kapal itu ada di Pontianak, tetapi beliau berada di Tarakan (Kalimantan Timur), menyaksikan melalui teleconferensi," ungkap Gellwyn Yusuf, Jumat (5/12/2014).

Menurut Gellwyn, semua barang bukti kelima kapal asal Thailand mencuri ikan di laut Indonesia sudah cukup. Kelima kapal tersebut melanggar zona tangkap ikan (fishing ground), menggunakan 100 persen anak buah kapal asing dan izin tangkap bodong. Dia mengatakan, kapal tersebut ada juga yang ditangkap karena melanggar zona.

Gellwyn menjelaskan, penenggelaman ini akan menjadi pelajaran bagi kapal asing yang berniat menangkap ikan di laut Indonesia secara ilegal. Ke depan begitu kapal ditengarai dan terbukti melakukan illegal fishing di tengah laut, KKP segera menenggelamkannya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajaran TNI dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk menenggelamkan kapal-kapal pencuri ikan mulai Sabtu (6/12/2014). Penenggelaman akan dilakukan untuk kapal-kapal yang ditangkap di perairan Natuna, Kepulauan Riau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com