Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Luncurkan Sepatu “RK Fashion”

Kompas.com - 07/12/2014, 17:20 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, meluncurkan sepatu dengan merek “RK Fashion”. Singkatan ini mengacu ke namanya sama seperti sepatu JK Collection mengacu kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Sepatu RK Fashion yang diproduksi oleh sentra sepatu Cibaduyut dijual dalam kisaran harga Rp 150.000-500.000.

“Dalam rangka mendukung produksi dalam negeri, saya mendukung inisiatif pengrajin Cibaduyut dalam membuat RK Fashion. Namun dari sisi persepsi pasar, masih ada yang harus dibicarakan dengan para pengrajin,” ujar Ridwan Kamil dalam peluncuran sepatunya di Pusenif Bandung, Minggu (7/12/2014).

Hal yang harus dibicarakan mengenai segmentasi pasar. Jika JK Collection ditujukan untuk bapak-bapak, maka RK Fashion akan ditujukan untuk kelompok pria dewasa usia 30-40 tahun. Untuk itu, diperlukan riset produk. Misalnya, model seperti apa yang diminati usia dewasa muda, sehingga produk yang dihasilkan dan dipasarkan bisa berbeda dengan yang lain. Secara keseluruhan, Emil menyukai sepatu RK Fashion.

“Enak dan nyaman. Dalam mendukung produksi dalam negeri, saya menunggu kesempatan hal-hal yang bisa kita promosikan ke luar negeri,” terangnya.

Pengrajin sepatu Cibaduyut yang diwakili Ketua Perhimpunan Keluarga Minang di Jabar, Asril Das mengatakan, sepatu RK Fashion merupakan buatan Cibaduyut yang bahan bakunya 100 persen dari dalam negeri. Pengrajin Cibaduyut sengaja memilih Emil sebagai duta agar sepatu Cibaduyut makin dikenal masyarakat luas.

“Kalau RK ke luar negeri atau kemanapun bisa sekalian mempromosikan sepatu Cibaduyut yang dikenakannya,” terangnya.

Sebelum peluncuran hari ini, beberapa waktu lalu pihaknya memperlihatkan sepatu yang akan diluncurkan. Saat itu, Emil tidak banyak memilih dan menyambut baik rencana tersebut.

“Kami berdoa semoga RK di masa depan bisa menggantikan JK (pemimpin Indonesia). Apalagi sama-sama mengenakan sepatu Cibaduyut dengan merek nama mereka,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com