Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Akrab, Anggota TNI dan Polri Gelar Lomba Balap Karung

Kompas.com - 28/11/2014, 17:18 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com – Anggota TNI dan Polri di Magelang, Jawa Tengah, menggelar momen khusus untuk menjalin hubungan baik. Personel dari kedua lembaga itu melakukan olahraga dan lomba bersama di lapangan Tri Setya, Batalyon Armed 3/105 Tarik, Magelang, Jumat (28/11/2014).

Sekitar 1.500 personel TNI dan Polri Garnisun Magelang ikut ambil bagian dalam kegiatan rutin ini. Mereka dibagi menjadi beberapa tim, setiap tim beranggotakan personel TNI dan Polri.

Kegiatan berlangsung begitu meriah. Diawali dengan senam aerobik, dilanjutkan lomba tarik tambang, balap karung dan lomba balab bakiak. Meski bertubuh sehat dan tegap, tidak sedikit dari anggota TNI dan Polri yang terjungkal saat mengikuti lomba balap karung dan bakiak, sontak para suporternya tertawa dan kembali menyemangati.

“Kegiatan itu merupakan agenda periodik yang dilaksanakan di tempat berbeda secara bergantian. Tujuannya untuk merekatkan hubungan TNI dan Polri dengan cara yang dikemas olahraga bersama,” ungkap Dandim 0705 Magelang Letkol Arm I Made Gede Antara, di sela kegiatan yang bertajuk “Seragam Boleh Beda, Hati Hati Tetap Sama“ itu.

Made menyatakan, sinergitas yang sudah terjalin baik selama ini perlu terus dipupuk dan ditingkatkan agar semakin solid. Apalagi TNI dan Polri garnisun Magelang dinilai paling baik dalam menjaga hubungan kelembagaan maupun keanggotaan di tingkat Jawa Tengah.

“Jika keduanya saling bersinergi, maka pada saat penugasan bisa lancar dan bisa melayani masyarakat dengan baik,” tegas Made.

Sejauh ini, lanjut Made, pihaknya kerap melibatkan Polri dalam berbagai kegiatan TNI, misalnya kegiatan TMMD, Lomba lari 10 K dalam rangka HUT Akademi Militer (Akmil) dan sebagainya. Begitu sebaliknya, TNI juga sering terlibat dalam berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Polri.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kapolres Magelang Kota, AKBP Zain Dwi Nugroho. Zain mengatakan bahwa melalui kegiatan semacam ini diharapkan mampu meningkatkan solidaritas TNI dan Polri. Tidak hanya mejalin hubungan baik tetapi bersama-sama mempertahankan.

“Dalam pelaksanaan tugas, kami memang sering gabung walaupun dalam jumlah yang sedikit. Kami juga meminta bantuan TNI dalam operasi zebra sehingga kegiatan jadi semakin lancar karena keduanya bisa saling membantu dan mendukung,” tandasnya.

Kapolres Magelang AKBP Rifki menambahkan, melalui kegiatan semacam ini diharapkan kedepan tidak terjadi perselisihan antara oknum TNI dan Polri yang ada di garnisun Magelang. Kalaupun ada masalah bisa diselesaikan dengan segera.

“Di sini kami berbaur, berkenalan dan berkomunikasi. Sehingga tidak ada perbedaan. Hal seperti ini harus dijaga terus agar bisa mengabdi dengan baik dan maksimal,” ujar Rifki.

Selain diikuti oleh anggota dan petinggi dua lembaga itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin, Wakil Walikota Magelang Joko Prasetyo, Ketua DPRD Kota dan Kabupaten Magelang, serta jajaran Forum Pimpinan Daerah Kabupaten dan Kota Magelang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com