Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Usulan Pemekaran Tasik Selatan, Pemkab Bentuk Pansus

Kompas.com - 28/11/2014, 16:53 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya berencana akan membentuk panitia khusus (Pansus) yang menangani terkait usulan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Tasikmalaya Selatan (Tasela). Langkah itu sebagai bentuk keputusan pemerintah daerah setelah beraudiensi dengan beberapa orang yang mengaku dari dewan presidium Tasela di ruang rapat Bupati Tasikmalaya, Jumat (28/11/2014).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Abdul Kodir menyatakan, tim kerja atau pansus yang akan dibentuk nanti ini akan mengurusi khusus terkait rencana pemekaran DOB di Kabupaten Tasikmalaya. Pemerintah sendiri, kata Kodir, belum memastikan waktunya terkait masa berlaku kerja dari tim tersebut.

“Setelah kita bertemu dengan warga yang mengatasnamakan dewan presidium Tasela ini, kita dari pemerintah nantinya akan membentuk sebuah pansus atau tim kerja yang khusus menangani persoalan rencana pemekaran Tasela, dari internal pemerintahan,” ujar Kodir setelah memimpin audiensi tersebut, Jumat siang.

Menurut Kodir, kedatangan dewan presidium Tasela ini menanyakan sejauh mana proses rencana pemekaran Tasikmalaya Selatan kepada pemerintah daerah. Mereka pun meminta adanya realisasi dan mendukung adanya pembentukan DOB baru di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

“Intinya mereka meminta keterangan kepada pemerintah daerah sudah sejauh mana proses rencana pemekaran DOB Tasela,” kata Kodir.

Masih di lokasi sama, seorang anggota dewan presidium Tasela, Acep Rahmat, mengaku menyambut baik salah satu upaya pemerintah daerah dengan pembentukan tim kerja tersebut. Soalnya, pihaknya hampir telah empat tahun menunggu realisasi pemekaran DOB baru semenjak pembentukan dewan presidium Tasela.

Pihaknya pun berharap kepada pemerintah daerah serius dalam menyikapi keinginan masyarakat Tasikmalaya Selatan yang ingin memiliki DOB sendiri dan berpisah dari Kabupaten Tasikmalaya.

“Sejak tahun 2010 kami menunggu dan melakukan beberapa upaya terkait rencana pemekaran DOB Tasela. Kami datang ke sini menanyakan ke pemerintah daerah sudah sejauh mana prosesnya? Alhamdulilah, tadi diputuskan oleh Bupati Tasikmalaya dan Sekda sendiri akan membentuk sebuah tim kerja khusus yang menangani terkait Tasela,” kata Acep.

Selama ini, tambah Acep, dewan presidium Tasela pun masih terus berupaya mendorong langkah Pemkab Tasikmalaya untuk segera mewujudkan rencana pemekaran tersebut. Selain kepada pemerintahan eksekutif, pihaknya pun terus meminta dukungan dari para legislatif khusunya anggota DPRD dari daerah pemilihan Tasikmalaya Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com