Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua dari Lima Artis yang Dites HIV di Salatiga adalah Perempuan

Kompas.com - 27/11/2014, 22:40 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com  Dari lima artis Ibu Kota yang menjalani voluntary counseling test (VCT) di Kota Salatiga, Jawa Tengah, dua di antaranya berjenis kelamin perempuan. Mereka datang ke Salatiga dalam dua gelombang, yakni pada akhir Oktober dan pertengahan November lalu.

"Bulan Oktober akhir tiga orang. November pertengahan, dua orang. Laki-lakinya tiga, ceweknya dua," kata Andreas Bambang Santoso (56) alias Babe, aktivis penanggulangan HIV/AIDS Semarang, melalui sambungan telepon, Kamis (27/11/2014) malam.

"Artis enggak kuno-kuno banget, tapi bukan artis ABG," jawab Babe saat ditanya usia artis yang dimaksud.

Babe enggan menyebutkan lokasi tes VCT atau tes deteksi HIV AIDS tersebut. Namun, yang jelas, kata Babe, lokasi tes VCT digelar di dua kota terdekat Salatiga.

"Ada yang datang di Salatiga, ada yang di Semarang. Yang datang di Salatiga jemput saya, terus tesnya di hotel," ujarnya.

Bagaimana para artis tersebut bisa menghubungi Babe? Dia mengaku tidak tahu-menahu. Babe menduga para artis tersebut mengetahui sepak terjangnya sebagai aktivis penanggulangan HIV/AIDS dari koleganya sesama aktivis di Jakarta.

"(Mungkin) ada teman aktivis HIV yang merekomendasikan ke saya. Sistemnya masih getok tular (dari mulut ke mulut)," katanya lagi.

Seperti diberitakan sebelumnya, lima artis Ibu Kota dikabarkan menjalani voluntary counseling test (VCT) di Kota Salatiga, Jawa Tengah. VCT adalah serangkaian tes untuk memastikan apakah seseorang positif terinfeksi HIV atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com