Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teriaki Pejalan Kaki, Pendemo Kenaikan Harga BBM Dibubarkan Paksa

Kompas.com - 27/11/2014, 16:59 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Aksi mahasiswa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Yogyakarta diwarnai bentrokan dengan aparat kepolisian, Kamis (27/11/2014).

Demo menolak kenaikan harga BBM bersubsidi yang dilakukan oleh Aliansi Mahasiswa se-Yogyakarta dimulai pukul 14.45 WIB. Ratusan mahasiswa berjalan dari dalam kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga dengan mengarak keranda.

Sesampainya di pertigaan depan kampus UIN, mahasiswa lantas melakukan orasi sambil memblokade jalan Yogya-Solo dengan berdiri melingkar. Aparat kepolisian pun akhirnya mengalihkan arus lalu lintas.

Aksi damai ini menjadi ricuh setelah beberapa warga yang nekat melintas melewati lingkaran mendapat terikan dari massa aksi. Melihat warga dihalangi melintas, pihak kepolisian lantas mencoba membubarkan pendemo, lalu terjadilah aksi saling lempar.

Polisi tampak berulang kali menembakkan gas air mata yang dibalas dengan lemparan batu mahasiswa. Selain gas air mata, polisi pun mengeluarkan mobil pemekik suara untuk membubarkan massa. Merasa terdesak, ratusan mahasiswa lalu berlarian masuk ke kampus UIN Sunan Kalijaga.

Meski terjadi kericuhan, namun akses jalan Yogya-Solo tepatnya di depan kampus UIN Sunan Kalijaga terlihat lancar. Mahasiswa saat ini masih bertahan di dalam kampus, sementara pihak kepolisian tampak berjaga-jaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com