Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Desember, Bandung Jadi Sasaran Demo Buruh

Kompas.com - 27/11/2014, 08:25 WIB
Adysta Pravitra Restu

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Buruh menyatakan akan melakukan aksi besar-besaran dengan mogok nasional pada10-11 Desember 2014. Sebagai pemanasan, mereka akan mengepung Kota Bandung pada 5 Desember mendatang.

"Tetap mogok nasional. Yang kita kritisi adalah kebijakan, bukan hanya sekadar rekomendasi," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, kepada Kompas.com, Kamis (27/11/2014).

Iqbal mengatakan, pemanasan dilakukan di Bandung karena Jawa Barat merupakan provinsi yang paling luas wilayahnya juga banyak buruh.

Terkait hasil pertemuan dengan Komisi IX DPR RI pada Rabu kemarin, kata Iqbal, anggota dewan juga menolak kenaikan harga BBM. Selain itu, DPR juga menjanjikan akan memanggil Dewan Pengupahan di wilayah Bekasi (Jawa Barat) dan DKI Jakarta untuk mengetahui besaran Komponen Hidup Layak (KHL).

Terkait sikap represif kepolisian terhadap buruh yang melakukan aksi penolakan harga BBM, dia menyerahkan kepada DPR. Hanya saja, dia meminta Kapolri Jenderal Sutarman untuk menginstruksikan jajarannya agar tidak represif kepada buruh yang menolak kenaikan harga BBM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com