Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serentetan Gempa di Atas 5 SR Masih Guncang Halmahera Barat

Kompas.com - 26/11/2014, 22:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah diguncang gempa berkekuatan 6,8 skala Richter pada Rabu (26/11/2014) pukul 21.33 WIB, serentetan gempa terus mengguncang kawasan itu hingga lewat pukul 22.00 WIB atau tengah malam WIT.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, wilayah tersebut diguncang lagi oleh setidaknya empat gempa lain dengan kekuatan masing-masing di atas 5 skala Richter.

Berturut-turut, gempa susulan berkekuatan 5,0 skala Richter terjadi pada pukul 21.46 WIB; 5,4 skala Richter pada pukul 21.48 WIB; 5,4 skala Richter pada pukul 21.49 WIB; dan 5,0 skala Richter pada pukul 22.02 WIB.

"Gempa (yang berkekuatan 6,8 skala Richter) dirasakan cukup keras sekitar lima detik," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, lewat layanan pesan, Rabu malam.

Berdasarkan informasi yang Sutopo dapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Maluku Utara, pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer. "Tapi tidak ada potensi gempa," tegas dia senada dengan pernyataan BMKG.

Dari data BMKG, pusat gempa berkekuatan terbesar berjarak 135 kilometer di barat laut Halmahera Barat. Adapun gempa kedua berpusat di lokasi berjarak 128 kilometer dari acuan yang sama, gempa ketiga berjarak 127 kilometer, gempa keempat berjarak 118 kilometer, dan gempa kelima 126 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com