Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Siapkan Rp 6 Miliar untuk Beli Tanah Gua Pindul

Kompas.com - 26/11/2014, 18:28 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com
- Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyiapkan anggaran sebesar Rp 6 miliar untuk membeli tanah di sekitar obyek wisata Gua Pindul. Langkah ini diambil sebagai solusi untuk mengakhiri polemik kepemilikan obyek wisata Gua Pindul.

"Anggaran sudah dimasukkan dalam rancangan APBD Perubahan 2015," ujar Asisten I Sekretariat Daerah Gunungkidul Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Tommy Harahap, Rabu (26/11/2014) .

Tommy berharap, langkah pembelian tanah di sekitar obyek wisata Gua Pindul cepat rampung.

"Tim Penyusun Anggaran Daerah (TPAD) dengan anggota DPRD Gunungkidul sudah mulai membahas. Semoga segera disetujui," tambahnya.

Kawasan wisata Gua Pindul memiliki luas sekitar dua hektar. Kawasan ini dimiliki oleh enam orang. Selama ini, permasalahan yang terjadi berkutat perihal kepemilikan obyek wisata Gua Pindul.

"Semoga dengan dibeli, polemik bisa berakhir," tuturnya.

Menurut Tommy, harga per meter akan ditentukan oleh tim appraisal yang berasal dari pusat. Pemkab Gunungkidul secara tegas tidak akan ikut campur tangan demi netralitas.

"Kami perkirakan harga per meternya Rp 300.000 dengan luas 6 hektar. Total hitungan kasarnya ya sekitar Rp 6 miliar," tandasnya.

Dia pun berharap semua yang direncanakan akan berjalan tanpa persoalan. Jika nantinya memang ada pemilik lahan yang tidak mau melepas, maka pihaknya akan menempuh jalur hukum.

"Di undang-undang memperbolehkan membeli secara sepihak jika untuk kepentingan lebih luas," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com