Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambangi Kampung Nelayan, Susi Tanyakan "Trawl" yang Menghilang Jelang Kedatangan Jokowi

Kompas.com - 26/11/2014, 08:54 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com - Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti menanyakan keberadaan kapal trawl atau kapal yang menggunakan pukat harimau untuk menangkap ikan, saat tiba di Kampung Nelayan, Kelurahan Malabero, Kota Bengkulu, Rabu (26/11/2014). Menurut Susi, ia membaca informasi di media bahwa menjelang kedatangan Presiden Joko Widodo ke provinsi itu, ratusan kapal trawl menghilang.

"Saya baca di media jelang kedatangan Jokowi, ratusan kapal trawl (pukat harimau) menghilang," tanya Susi, kepada beberapa pejabat daerah yang mendampinginya, Rabu pagi.

Susi menegaskan, penanganan penangkapan ikan dengan menggunakan pukat harimau diserahkan kepada pemerintah daerah bekerja sama dengan penegak hukum. "Jika Pemda tak bisa berantas, maka saya akan tarik semua bantuan nelayan di Bengkulu. Namun, jika berhasil,  bantuan akan saya tambah. Ini bentuk reward and punishment," katanya.

Sebelumnya, beberapa nelayan Bengkulu mengungkapkan bahwa ratusan kapal yang biasa menggunakan pukat harimau untuk mencari ikan mendadak menghilang empat hari menjelang kedatangan Presiden Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com