Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Kereta Api untuk Pekan Natal Sudah Ludes Terjual

Kompas.com - 24/11/2014, 18:11 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Meski hari raya Natal masih lebih dari 30 hari lagi, pesanan tiket kereta api di wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IV Semarang sudah di atas 70 persen. Tiket kereta untuk perjalanan selama pekan Natal dari wilayah ini juga sudah ludes.

Berdasarkan data yang dilansir PT KAI, Senin (24/11/2014), rute kereta yang dipadati penumpang adalah tujuan Jakarta, Malang, dan Surabaya. Pesanan kursi kereta untuk kota-kota tersebut rata-rata telah mencapai 70 persen hingga 75 persen.

"Untuk pemberangkatan kereta api pada H-3 Natal dari Semarang menuju Jakarta, (tiket) telah habis dipesan," kata Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang Suprapto dalam siaran pers-nya, Senin.

Adapun untuk kereta ekonomi Tawangjaya dari Stasiun Tawang Poncol tujuan Stasiun Pasar Senen di Jakarta, tiket kereta bahkan sudah habis untuk rentang 24 Desember 2014 hingga 31 Desember 2014.

Tujuan Malang dan Surabaya

Selain ke Jakarta, tiket kereta yang sudah habis dipesan adalah tujuan Malang, Jawa Timur. Suprapto menyebutkan, tiket dari Stasiun Pasar Senen tujuan Malang sudah tandas untuk pemberangkatan 24 Desember 2014 sampai 3 Januari 2015.

"Untuk KA Maharani dari Semarang Poncol tujuan Surabaya Pasar Turi, tiket sudah habis terjual mulai 25 desember sampai 31 Desember 2014," lanjut Suprapto.

Suprapto kembali mengimbau para calon penumpang untuk memesan tiket perjalanan kereta jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Dia menambahkan, jalur-jalur eksternal channel pun sekarang sudah banyak tersedia.

"Jadi, masyarakat tidak perlu mengantre lagi di loket. Belum lagi pembelian tiket di saluran channel eksternal akan mendapatkan diskon sebesar Rp 7.500," imbuh Suprapto.

Menurut Suprapto, PT KAI belum berencana menambah kereta atau gerbong yang diberangkatkan terkait lonjakan penumpang selama liburan Natal dan Tahun Baru ini.

"(Namun), biasanya untuk gerbong kereta tambahan akan dibuka satu minggu sebelum pemberangkatan," imbuh Suprapto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com