Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berhemat, Pemkot Tasik Miliki Dana Lebih Rp 3,8 Miliar

Kompas.com - 24/11/2014, 13:06 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Tasikmalaya Idi S Hidayat mengatakan, setelah melakukan penghitungan efisiensi dana operasional pegawai negeri sipil (PNS) di wilayahnya, pemerintah daerah setempat kini memiliki sisa anggaran mencapai Rp 3,8 miliar.

Langkah ini sesuai instruksi pemerintah pusat melalui Menteri PAN-RB untuk melakukan penghematan anggaran operasional pegawai. "Kita sudah menghitung pengurangan atau penghematan anggaran operasional PNS. Hasilnya kita punya sisa anggaran mencapai Rp 3,8 miliar," kata Idi saat ditemui di Bale Kota Tasikmalaya, Senin (24/11/2014).

Menurut Idi, pengurangan biaya operasional itu terdiri dari pemotongan anggaran kunjungan pegawai ke luar daerah, rapat tak menggunakan fasilitas hotel, dan penghapusan beberapa anggaran operasional pegawai lainnya.

Keputusan ini mulai berlaku bagi kepala daerah dan unsur pejabat eselon lainnya. "Misalkan ke Jakarta biasa Rp 1 juta, sekarang jadi Rp 400.000. Ke Yogyakarta biasa Rp 700.000, sekarang menjadi Rp 350.000," kata Idi.

Jumlah sisa anggaran ini, kata Idi, akan dialokasikan untuk anggaran infrastruktur di wilayahnya. Seperti untuk saluran irigasi dan pembangunan jalan di tiap kampung dan kelurahan. "Penggunannya nanti akan sesuai instruksi Pak Presiden dan Pak Menteri untuk infrastruktur," ungkap dia.

Diberitakan sebelumnya, Menteri PAN-RB Yuddy Crysnandi mendatangi kepala daerah Kabupaten dan Kota Tasikmalaya saat hari libur pada Sabtu (22/11/2014) kemarin. Kedatangan Yuddy untuk menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo terkait kondisi pasca kenaikan harga BBM dan perubahan sikap sederhana bagi pejabat dan PNS di seluruh daerah di Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com