Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dwikorita Resmi Dilantik Jadi Rektor UGM

Kompas.com - 24/11/2014, 12:58 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Majelis Wali Amanat (MWA) melantik Prof.Ir. Dwikorita Karnawati,M.Sc., PH.D menjadi Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) untuk masa bakti 2014-2017, Senin (24/11/2014).

Dwikorita yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Rektor bidang Kerja Sama dan Alumni ini terpilih mengantikan Rektor sebelumnya Pratikno yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, ada lima wakil rektor yang menjadi kandidat masuk dalam calon rektor UGM. Hanya saja, setelah MWA melakukan seleksi dan wawancara, dalam musyawarah yang diikuti 19 anggota, diputuskan Dwikorita menjadi Rektor UGM mengantikan Pratikno.

Dengan resmi dilantiknya Dwikorita Karnawati, maka dia menjadi perempuan pertama yang menjadi Rektor UGM.

Pelantikan hari ini dilakukan oleh Ketua MWA UGM, Prof.Dr.Sofian Effendi. "Menjadi Rektor bukan tujuan utama tetapi merupakan amanah untuk mengembangkan UGM tercinta ini," ujar Dwikorita dalam sambutan perdananya di acara pelantikan itu.

Dia mengaku masih akan meneruskan program-program yang telah disiapkan oleh Rektor sebelumnya. Salah satunya menata kondisi intern UGM. "Manata kondisi UGM agar lebih nyaman, lalu membangun agar terus memiliki kontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara," ucap dia.

Turut hadir dalam pelantikan yang digelar di Balai Senat UGM, Mantan Rektor UGM Pratikno, Kapolda DIY Brigjen Pol Oerip Subagyo, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Sabrar Fadilah, Danlanud Adi Sutjipto Marsekal Pertama Yadi I Sutandika, Mantan Ketua MK Mahfud MD, dan pejabat di lingkungan UGM. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com