Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok Aparat Vs Mahasiswa di Sukoharjo, 3 Ditahan

Kompas.com - 22/11/2014, 01:10 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Sedikitnya tiga mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet), Sukoharjo, ditahan Polres Sukoharjo setelah terlibat bentrok saat menggelar aksi menolak kenaikan BBM pada Jumat malam (21/11/2014). Sejumlah mahasiswa juga terluka dan dilarikan ke PKU Sukoharjo, Jawa Tengah.

Saat dihubungi Kompas.com pada Jumat malam, salah satu peserta aksi, Suci, menceritakan bahwa bentrok terjadi saat aparat mencoba membubarkan aksi di depan kampus. Aparat dan mahasiswa terlibat adu pukul dan saling lempar batu. Jumlah aparat yang begitu banyak berhasil memukul mundur mahasiswa yang berlarian ke dalam kampus.

Tiga mahasiswa yang dimintai keterangan oleh aparat Polres Sukoharjo saat ini adalah Al Iklas Kurnia Salam, M Salma Abdul Azis, dan Abdul Gufron.

"Saat rekan-rekan sedang gelar aksi di seperempat badan jalan dan usai bakar ban, polisi langsung merangsek membubarkan mahasiswa. Empat rekan kita diamankan polisi," kata Suci. Hingga berita ini diturunkan, sejumlah mahasiswa masih bertahan di kampus Univet.

Sementara itu, menurut Kapolres Sukoharjo, AKBP Andy Rifai, aparat terpaksa menertibkan aksi unjuk rasa yang sudah mengganggu ketertiban umum dengan unjuk rasa di tengah jalan. Selain itu, aparat terpaksa membubarkan paksa karena ada lemparan telur dari mahasiswa ke arah aparat.

"Kita sesuai aturan bahwa ada batas waktu untuk unjuk rasa, dan peserta aksi sudah menganggu ketertiban umum. Saat ini ada empat mahasiswa yang kita mintai keterangan terkait pelemparan telur tersebut," katanya pada Jumat (21/11/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com