Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Kenaikan Harga BBM, Mahasiswa Gelar Shalat Gaib

Kompas.com - 21/11/2014, 16:55 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Mataram memblokade jalan dan melakukan shalat gaib di depan Gedung DPRD Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (21/11/2014).

Para mahasiswa memulai aksinya dengan melakukan long march dari Mapolda NTB menuju gedung DPRD NTB di Jalan Udayanan. Sebelumnya, massa sempat melakukan orasi di simpang empat Bank Indonesia.

Menurut Rahmad Riadi, korlap aksi, pemerintahan Jokowi - JK merupakan rezim yang anti-rakyat kecil. Hal itu terbukti dari kebijakannya yang menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), baik untuk premium dan solar.

"Mendesak Presiden Jokowi segera mencabut kebijakan penaikan harga BBM karena tidak sesuai dengan UU dan menuntut presiden untuk memberantas para mafia migas yang selama ini terbukti menguasai jalur perdagangan migas Indonesia," kata Rahmad.

Selanjutnya, massa kembali melanjutkan orasinya dengan memblokade jalan di depan gedung DPRD NTB. Massa kecewa karena tidak ada anggota DPRD NTB yang menemui massa aksi. Massa kemudian menggelar shalat gaib di depan gedung DPRD NTB, sebagai bentuk penolakan terhadap kenaikan harga BBM oleh pemerintahan Jokowi-JK. Aksi ini sempat membuat jalur di depan gedung DPRD NTB ditutup dan dialihkan. Seusai menggelar shalat gaib, massa kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membubarkan diri dengan tertib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com