Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 2,6 Triliun, Dana yang Dipakai Persiapan PON di Jawa Barat

Kompas.com - 20/11/2014, 19:25 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Jawa Barat akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX pada 2016. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan persiapan fasilitas untuk hajatan itu menggunakan alokasi anggaran Rp 2,6 triliun.

“Ini belanja terbesar yang pernah saya lakukan. Belum pernah ada belanja sebesar ini,” ujar Heryawan, di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Kamis (20/11/2014).

Heryawan tak menampik alokasi anggaran itu merupakan angka fantastis untuk provinsi seperti Jawa Barat. Beda, kata dia, bila alokasi anggaran itu terjadi untuk provinsi seperti DKI Jakarta.

Dari total anggaran Rp 2,6 triliun, papar Heryawan, Rp 1,3 triliun dipakai untuk membangun venue dan Rp 1 triliun untuk jalan menuju tempat pertandingan itu.

Selebihnya, lanjut Heryawan, sekitar Rp 300 miliar anggaran dipakai untuk pembebasan lahan yang akan dibangun venue maupun jalan tersebut.

“(Persiapan PON) aman semua. Venue sudah disiapkan, dan akan selesai pada 2015. Stadion baru sudah selesai, dan sekarang kami sedang bikin akses tol keluar menuju stadion,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com