Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran "Koyak" Kampung Seniman Ubud

Kompas.com - 20/11/2014, 18:59 WIB
GIANYAR, KOMPAS.com - Kebakaran melanda perkampungan seniman Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, terbakar, Kamis (20/11/2014) siang. Tak ada korban jiwa, tetapi kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Api diduga berasal dari "Clear Cafe", kafe yang dimiliki warga negara Amerika tetapi dikelola warga setempat. Lalu, api merambat cepat hingga ke perkampungan, termasuk membakar tempat suci keluarga Cokorda Dharma Yudha di sebelah Pasar Ubud.

Informasi yang dihimpun di lokasi menyebutkan kebakaran terjadi sekitar pukul 09.45 Wita. Diduga, api berawal dari dapur kafe tetapi langsung menjalar ke bangunan dua lantai yang sebagian besar berbahan kayu itu.

Embusan angin mempercepat meluasnya kebakaran. Selain kafe ini, beberapa bale ikut terbakar, demikian pula tiga sepeda motor dan sebuah mesin jenset ukuran besar di salah satu rumah yang turut terbakar.

Nyoman Suweta (51) warga Padang Tegal, yang rumahnya turut terbakar, mengatakan istrinya sedang menidurkan cucu mereka saat hawa panas menerpa. Saat itu, kata dia, atap rumah mereka sudah tertimpa reruntuhan lain yang sudah lebih dulu dibakar.

"Saya sedang membangun bale daje, tiba-tiba api sudah membesar dan membakar bangunan tempat tidur dan piasan yang beratapkan ijuk," tutur Suweta. Tak banyak harta benda bisa diselamatkan keluarga ini. Suweta memperkirakan kerugian tak kurang dari Rp 550 juta.

Lima mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk mengatasi kebakaran ini. "Semua kendaraan kita turunkan lima unit, untuk memadamkan api menghabiskan 35 tangki," ujar Pao, salah satu petugas pemadam kebakaran yang mendatangi lokasi. Polisi masih menyelidiki kebakaran ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com