Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Rumah di Kabupaten Bandung Terendam Banjir hingga 4 Meter

Kompas.com - 20/11/2014, 14:42 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Ribuan rumah di tiga kecamatan di Kabupaten Bandung terendam banjir. Ketinggian banjir bervariasi dari satu hingga empat meter.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Marlan menjelaskan, wilayah yang paling parah terendam banjir ada di tiga kecamatan, yakni Baleendah, Bojongsoang, dan Dayeuhkolot.

Air mulai menggenangi permukiman Rabu malam sekitar pukul 23.00 dan makin meninggi pada Kamis dini hari pukul 02.20 WIB. "Hujannya memang lama dan membuat air di Sungai Cisangkuy meluap. Sedangkan air dari Majalaya tidak terlalu besar. Jadi sejak tadi malam air mulai merendam kawasan Baleendah," ujar Marlan, Kamis (20/11/2014).

Marlan menjelaskan, korban banjir di Kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot sebagian telah mengungsi. Namun warga Bojongsoang, masih bertahan di rumahnya masing-masing. Mereka yang bertahan mencapai 101 KK atau 305 warga.

“Kami mengimbau warga untuk mewaspadai siklus banjir lima tahunan. BPBD memperkirakan, awal 2015 bisa terjadi banjir besar. Karena banjir sangat besar pernah terjadi 2010 lalu. Selain itu, BPBD meminta warga waspada longsor. Karena dari perkiraan BMKG, hujan akan mengguyur Kabupaten Bandung dan Jabar umumnya mulai November," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com