Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi Lanang Asli Kediri Dikenal Naikkan Vitalitas Pria

Kompas.com - 20/11/2014, 10:49 WIB
KEDIRI, KOMPAS.com - Potensi ekonomis kopi lanang (Kopi Lelaki) sejauh ini masih belum banyak dilirik. Padahal, kopi lanang telah melegenda sebagai kopi yang mampu meningkatkan vitalitas pria.

"Masyarakat memang belum banyak tahu khasiat dari kopi lanang. Padahal kopi lanang ini mampu meningkatkan vitalitas," ungkap Diro, salah satu petani kopi lanang dari lereng Gunung Wilis, Kabupaten Kediri, Kamis (20/11/2014).

Diro menuturkan, kopi lanang didapat dari buah kopi yang pertumbuhan genetiknya berbeda dengan kopi pada umumnya. Selain itu, bentuknya yang bulat dan bijinya yang kecil-kecil berbeda pula dengan kopi yang lain.

Kopi lanang juga terbilang langka, karena dari satu pohon kopi biasanya paling banyak hanya dihasilkan kurang dari satu kilogram kopi. "Pada zaman dahulu, biasanya kopi lanang diminum dengan jamu," ungkap dia.

Diro menjelaskan, dia memproses biji kopi lanang menjadi serbuk bubuk kopi secara tradisional. "Kami masih memakai kayu bakar agar aroma kopinya tidak sangit. Proses pembuatan kopi secara tradisional ini masih kami  dipertahankan," ungkap dia.

Diakui Diro, cita rasa kopi lanang selama ini cenderung lebih pahit. Kopi ini sangat baik diseduh sebagai kopi murni bersama susu segar dan madu. Akibat dikenal manfaatnya untuk vitalitas, harga kopi lanang baik jenis arabika dan robusta memang lebih mahal dibanding kopi biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com