Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tutup Akses ke Bandara, TNI Bubarkan Paksa Demo Mahasiswa Unpati

Kompas.com - 20/11/2014, 10:36 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa ratusan mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon yang memprotes kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di ruas Jalan M Putuhena dibubarkan paksa oleh aparat TNI, Kamis (20/11/2014).

Pembubaran dilakukan puluhan aparat TNI setelah mahasiswa terus memaksa memblokade ruas jalan yang merupakan satu-satunya akses menuju Bandara Internasional Pattimura tersebut.

Aksi pembubaran ini sempat mendapat perlawanan sengit dari mahasiswa, para mahasiswa yang tetap memaksa jalan tersebut diblokade sempat terlibat ketegangan dan perang mulut dengan aparat TNI. Namun karena dianggap mengganggu ketertiban umum, aparat TNI pun langsung membubarkan paksa para mahasiswa.

Aksi pemblokadean jalan ini sempat mengganggu arus lalu lintas dan kendaraan yang hendak menuju Bandara Pattimjura dan sebaliknya. Pemblokadean dilakukan mahasiswa dengan cara membakar ban bekas, kayu dan juga sejumlah baliho berukuran besar di atas badan jalan tersebut.

Meski sempat dibubarkan, namun aksi mahasiswa ini masih terus berlangsung. Para mashasiswa masih berkonsentrasi di lokasi tak jauh dari kampus mereka. Aparat kepolisian yang sebelumnya mengamankan jalannya aksi pun tak mampu mencegah aksi ratusan mahasiswa ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com