Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecewa dengan Jokowi, Mahasiswa Sembelih Ayam dan Shalat Gaib

Kompas.com - 18/11/2014, 13:10 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Ratusan mahasiswa, yang targabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Malang, Jawa Timur menyembelih ayam dan menggelar shalat gaib di pintu masuk Terminal BBM Malang, Selasa (18/11/2014). Aksi ini merupakan ungkapan kekecewaan mereka terhadap Presiden Joko Widodo yang menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Selain itu sembelih ayam adalah simbol bahwa Jokowi-JK telah menyembelih rakyat kecil melalui kenaikan harga BBM," kata Habiburrahman, Ketua Umum PC PMII Kota Malang.

Usai menyembelih seekor ayam warna putih, ayam tersebut langsung dibakar. "Setelah kita sembelih ayam, mari kita gelar shalat ghaib sebagai bentuk kekecewaan juga pada Jokowi-JK," kata dia.

Menurut Habiburrahman, pemerintah harus transparan mengelola subsudi BBM. Pemerintah seharusnya tak perlu menaikkan harga BBM. "Tapi bisa melakukan efesiensi APBN. Dan bisa menaikkan pajak mobil mewah. Jangan malah menjerat rakyat kecil," kata dia.

"Kami menilai slogan Jokowi untuk melakukan revolusi mental telah gagal. Kini, masyarakat sudah tidak simpati dan mengidolakan lagi sosok Jokowi," kata dia.

Hingga pukul 12.35 WIB, ratusan mahasiswa masih terus gelar aksi di depan Terminal BBM Malang. Mereka terus mendesak untuk masuk ke Terminal BBM. "Jika kami tidak diperbolehkan masuk, hingga malam hari, kami akan aksi dan menutup pinta masuk ke Terminal BBM Malang ini," teriak salah satu mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com