Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DKP Gunung Kidul Akan Selidiki Fenomena Cahaya di Laut Selatan

Kompas.com - 13/11/2014, 16:31 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Beberapa hari lalu, warga di Pantai Wedi Ombo, Girisubo, Gunung Kidul, DIY, digegerkan fenomena munculnya cahaya putih dari dalam laut di pesisir laut selatan. Terkait hal itu, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunung Kidul akan melakukan penyelidikan di sekitar Pantai Wedi Ombo.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunung Kidul, Agus Priyanto, Kamis (13/11/2014), mengaku telah menghubungi warga yang tinggal di daerah pesisir pantai. Kepadanya, warga menuturkan memang melihat adanya cahaya dari dalam laut sekitar 500 meter dari bibir pantai. Cahaya itu muncul selama dua malam, yakni pada Minggu (9/11/2014) dan Senin (10/11/2014) malam.

"Kita akan cek ke lokasi untuk mengetahui asal dari cahaya yang muncul itu," tegasnya.

Agus menjelaskan bahwa Pantai Wedi Ombo memang merupakan kawasan konservasi laut. Di lokasi tersebut terdapat aneka ragam biota laut. "Pantai Wedi Ombo memang memiliki fauna yang sangat banyak dan biota yang beragam. Karena itu djadikan kawasan konservasi,” ujarnya.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan DKP DIY untuk melakukan analisis asal dari pusaran air yang mengeluarkan cahaya tersebut. "Kita akan berkoordinasi, kemungkinan jika perlu akan melibatkan ahli dari UGM," ucap Agus.

Agus menuturkan, pihaknya saat ini belum bisa menduga penyebab munculnya pusaran yang mengeluarkan cahaya itu. "Akan kita cek dulu. Sekarang belum bisa berpendapat asalnya dari apa," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga di sekitar Pantai Wedi Ombo geger akibat munculnya pusaran air laut yang mengeluarkan cahaya berdiameter cukup besar dari tengah lautan. Cahaya aneh itu muncul selama dua hari berturut-turut sejak Minggu (9/11/2014). Lokasi munculnya cahaya berada sekitar 500 meter dari bibir pantai. Selama dua hari cahaya itu muncul sekitar pukul 19.30 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com