Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Harga Cabai Lebih Mahal daripada Harga Daging

Kompas.com - 11/11/2014, 13:04 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Harga cabai di Bengkulu kini lebih mahal daripada harga daging sapi. Harga cabai mencapai Rp 100.000 per kilogram. "Daging berkisar Rp 90.000 per kilogram, lebih mahal cabe," kata salah seorang pengusaha rumah makan di Bengkulu, Gadis, Selasa (11/11/2014).

Menurut Gadis, kebutuhan akan cabai sangat tinggi di Bengkulu, terutama bagi dia sebagai pengusaha rumah makan. "Dalam sehari, saya membutuhkan lima kilogram cabe giling, artinya harus ada Rp 500.000 untuk cabe saja," keluh Gadis.

Demi menyiasati mahalnya harga cabai, ia berusaha mengurangi penggunaan cabai walaupun mendapat komplain dari pelanggan. Namun, dengan penjelasan bahwa harga cabai di pasaran tinggi, umumnya pelanggan memakluminya.

Dia mengatakan, kenaikan harga cabai tersebut adalah akibat kegagalan panen di beberapa sentra penghasil cabai di Bengkulu. "Buah cabe banyak gugur akibat kemarau dan gagal panen di tingkatan petani karena itu menjadi mahal," kata dia.

Gadis berharap harga cabai segera turun dalam beberapa hari ke depan, terutama dengan mulai masuknya pasokan cabai dari beberapa provinsi tetangga, seperti Sumbar, Sumsel, dan Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com