Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Sinyal, Kades Pun Harus Panjat Pohon untuk Menelepon

Kompas.com - 10/11/2014, 16:24 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com — Warga di sejumlah kecamatan di Kabupaten Kaur, Bengkulu, mengalami kesulitan sinyal telepon jika hendak berkomunikasi. Oleh karena itu, jika hendak berkomunikasi, mereka harus mencari tempat yang tinggi, termasuk dengan cara memanjat pohon.

Ada beberapa kecamatan di Kabupaten Kaur yang sulit mendapatkan sinyal, antara lain Kecamatan Tetap, Luas, Muara Sahung, Lungkang Kule, dan Lainnya.

Darmin, Kepala Desa Datar Lebar, Kecamatan Lungkang Kule, menuturkan, di desanya jaringan dan sinyal ponsel susah didapat. Hal ini diakibatkan tidak adanya tower provider milik perusahaan jasa telekomunikasi. Menurut dia, jangan heran jika menemui ada orang yang memanjat pohon sambil menelepon karena itu adalah salah satu cara untuk mendapatkan jaringan dan sinyal yang bagus.

"Memang di desa saya jaringan sangat susah. Kalau mau menelepon, kami harus menuju tempat yang agak tinggi untuk mendapatkan jaringan. Bahkan, saya selalu memanjat pohon kalau ingin menghubungi orang. Makanya, setiap orang menghubungi kita, itu HP selalu tidak aktif. Tapi, itu bukannya tidak aktif, melainkan tidak ada jaringan," tutur Darmin, Senin (10/11/2014).

Dia melanjutkan, saat hujan dan cuaca buruk, pasti jaringan sulit didapat. Menurut Darmin, ini sangat menyusahkan ketika ada suatu hal penting yang harus segera dikabarkan.

"Akibat jaringan telepon yang susah ini saya selalu ketinggalan informasi jika ada sesuatu hal yang penting. Makanya, setiap hari saya keluar supaya dapat jaringan yang bagus dan mudah dihubungi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com