Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Keracunan, Para Pekerja di Kediri Makan Nasi Sayur Lodeh

Kompas.com - 07/11/2014, 18:32 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Penyebab keracunan puluhan pekerja galian kabel optik di Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, masih belum diketahui. Namun, Pasiman (55), salah satu pekerja mengatakan, sebelum keracunan itu para pekerja makan malam nasi sayur lodeh yang dimasak oleh pemilik rumah kontrakan yang mereka huni.

Hanya saja, dari total 69 pekerja yang menikmati makanan itu, tidak semua pekerja mengalami keracunan. Hanya 27 orang yang sakit dan kemudian dilarikan ke puskesmas.

"Makan di kontrakan hanya malam saja karena kalau siang tidak pulang. Dari 69 orang, hanya 27 yang sakit," kata salah satu pekerja yang selamat dari keracunan ini, Jumat (7/11/2014).

Sementara itu, petugas kesehatan masih akan memeriksakan sampel cairan dari para korban. Dokter Puskesmas Ngadiluwih, dr.Imron Efendi mengatakan, secara klinis pada para korban memang ada tanda-keracunan yaitu mual, muntah, dan suhu tubuh yang meningkat. Namun dia masih belum dapat menyimpulkan penyebabnya karena makanan yang dikonsumsi atau karena faktor lain.

"Penyebabnya kita belum tahu karena masih harus mengkonfirmasikan beberapa hal lebih lanjut," kata dr.Imron.

Dia menambahkan, saat ini petugas sudah bergerak cepat dengan mengambil sampel cairan korban untuk dilakukan uji laboratorium. Petugas juga sudah terjun ke rumah kontrakan para korban untuk mengambil sampel sisa makanan yang dikonsumsi korban.

"Jadi penyebabnya masih belum dapat dipastikan," imbuhnya.

Sedangkan kemungkinan pasien dirujuk ke rumah sakit, kata dia, dapat dilakukan jika kondisi pasien terus memburuk. Namun saat ini masih menunggu perkembangan lebih lanjut mengingat pasien baru dalam penanganan puskesmas.

"Kita lihat nanti perkembangan kondisinya seperti apa," tegasnya. 

Sebelumnya diberitakan, 27 dari 69 pekerja asal Jawa Tengah yang sedang menggarap proyek galian kabel optik di Kediri mengalami keracunan, Jumat (7/11/2014). Mereka saat ini dirawat di Puskesmas Ngadiluwih. Para pekerja itu selama di Kediri tinggal dengan cara menyewa sebuah rumah milik warga di Desa Tales, Kecamatan Ngadiluwih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com