Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor dan Banjir di Aceh Dinyatakan sebagai Bencana Provinsi

Kompas.com - 04/11/2014, 16:56 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Gubernur Aceh Zaini Abdullah menetapkan bahwa longsor dan banjir yang menimpa sejumlah kabupaten/kota di Aceh sebagai bencana provinsi. Penetapan bencana provinsi ini disampaikan Gubernur Zaini saat memimpin rapat darurat di Banda Aceh.

"Pemerintah Aceh telah menetapkan kejadian banjir dan longsor di beberapa wilayah di Aceh sebagai bencana provinsi," ujar Zaini, Selasa (4/11/2014).

Gubernur pun menginstruksikan kepada seluruh jajaran instansi terkait di Aceh untuk melakukan langkah serta tindakan darurat dan khusus kepada Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) agar bisa segera bekerja dengan cepat dan sigap.

"Saat ini langkah penanggulangan darurat harus difokuskan pada penyelamatan masyarakat dan evakuasi warga yang terisolasi, serta distribusi logistik bagi masyarakat," ujarnya.

Meski sudah mendapat instruksi, BPBA masih belum bisa menyajikan data lengkap terkait kondisi bencana yang terjadi. Dalam rilisnya di kantor BPBA yang dijadikan posko induk penanggulangan bencana, Sekretaris Dinas Sosial Aceh, Burhanuddin, menyatakan bahwa hingga saat ini baru 12.600 pengungsi yang terdata untuk Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Aceh Jaya.

"Untuk daerah lain, kami belum mendapatkan data dari lapangan," ujar Burhanuddin.

Untuk dua daerah tersebut, Dinas Sosial Aceh sudah menyalurkan 17 ton beras yang didistribusikan kepada warga, serta 2 ton lebih bantuan lain berupa sandang pangan.

"Saat ini, Dinsos Aceh masih punya 150 ton beras di provinsi dan 200 ton beras di kabuaten/kota. Ini bisa dipergunakan, dan langsung bisa diambil di gudang Bulog," ujar Burhanuddin.

Selain Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Aceh Jaya, banjir juga melanda Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Aceh Selatan, dan Kabupaten Aceh Singkil. Bahkan, di Kabupaten Aceh Singkil, warga dilaporkan terisolasi karena banjir merendam jalan negara. Jalan pun tidak bisa dilalui kendaraan.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com