Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Tendang Pintu Toilet Portabel

Kompas.com - 03/11/2014, 15:35 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ditawari sejumlah alat kebersihan oleh PT Groen Indonesia. Selain mesin penyapu jalan, dia juga ditawari toilet portabel. Emil—sapaan akrab Ridwan Kamil—sempat masuk ke dalam toilet dan langsung mencoba kecanggihan yang dimiliki toilet tersebut.

Dia pun memberikan pujian karena toilet tersebut kering, bersih, dan wangi. Setelah meninjau ke dalam toilet, Emil diminta oleh pimpinan PT Groen Indonesia, Tristan Saputra, untuk menendang pintu toilet tersebut sekuat tenaga agar membuktikan kalau toilet portabel ini benar-benar kuat.

Benar saja, Emil langsung "terbang" dan menendang pintu toilet tersebut sekuat tenaga. Dia pun tertawa sesudahnya. Seusai mengadakan rapat tertutup dengan PT Groen Indonesia, Emil mengaku tertarik pula untuk membeli sejumlah toilet portabel yang ditawarkan kepadanya.

Menurut dia, toilet-toilet tersebut akan melengkapi taman-taman di Kota Bandung. "Toilet kita mau pasang di taman-taman sesuai aspirasi, tapi maunya dibikin yang canggih, enggak jorok. Makanya, kita usulkan beli toilet portabel, tapi bisa dipasang permanen," kata Emil di Balaikota Bandung, Senin (3/10/2014).

Meski demikian, belum semua taman-taman di Kota Bandung akan dilengkapi fasilitas toilet portabel. Baru delapan taman yang rencananya akan dipasang. "Satu taman rencananya tiga toilet," ujarnya.

Pembelian toilet-toilet tersebut akan dicoba dimasukkan dalam anggaran pengeluaran belanja daerah perubahan. "Diharapkan, di anggaran perubahan ini karena terlalu mepet sehingga kalau anggaran perubahan ini dibelanjakan ke yang lelang-lelang enggak akan terkejar. Jadi, policy-nya beli aset aja. Minggu ini diputuskan anggarannya berapa," ujar dia.

Di tempat yang sama, pimpinan PT Groen Indonesia, Tristan Saputra, menjelaskan keunggulan toilet portabel yang sering dipakai di konser-konser dan event besar ini. Menurut dia, walau diterpa panas dan hujan, toilet buatan Amerika Serikat ini tidak akan getas. "Bahannya sangat kuat, tidak mudah pecah," ucap dia.

Selain itu, keunggulan lainnya adalah sistem pengolahan air kotor hasil pembuangan manusia menjadi air bersih di dalam toilet ini. Jadi, lanjutnya, semakin banyak air kotor yang masuk akan menambah jumlah airnya pula. "Jadi, makin sering 'flush', airnya makin bersih dan wangi," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com