Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor, Jalur Banda Aceh-Aceh Barat Lumpuh

Kompas.com - 02/11/2014, 18:58 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Hujan yang mengguyur sebagian wilayah Provinsi Aceh sejak dua hari terakhir mengakibatkan belasan pohon tumbang dan tanah longsor hingga menutupi badan jalan penghubung Banda Aceh–Aceh Barat Selatan. Akibatnya, ratusan pengguna kendaraan dari Banda Aceh menuju Aceh Barat Selatan tertahan di Lhok Seudu, Kecamatan Leupung, Aceh Besar.

Saya dari Banda Aceh mau pulang ke Meulaboh, Aceh Barat tidak bisa lewat karena ada longsor dan pohon tumbang di kawasan Gunung Paro Aceh Besar. Saya sudah tertahan di sini sejak tadi malam, hampir delapan jam-lah kami di sini,” kata Herli, warga Aceh Barat, Minggu (2/11/2014).

Menurut Herli, di sepanjang jalan yang dia lewati dari Banda Aceh hingga ke Lhok Seudu, Aceh Besar, ada tujuh pohon tumbang dan empat titik longsor yang menutupi badan jalan. “Longsornya parah karena batu gunung jatuh ke badan jalan,” kata dia.

Menurut Herli, masih ada titik longsor dan pohon tumbang di kawasan Gunung Paro yang belum bisa dilalui kendaraan. “Di Gunung Paro ada jalan yang sudah ambles jatuh ke jurang, sampai sekarang belum bisa lewat. Saya khawatir akan terjadi longsor susulan karena badan jalan terus tergenang air hujan dan air dari gunung," ujarnya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com