Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susi Sering Temui Solihin GP sebagai "Guru Spiritual"

Kompas.com - 02/11/2014, 14:54 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


PANGANDARAN, KOMPAS.com — Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti diketahui sering menemui mantan Gubernur Jawa Barat Solihin GP. Menurut salah seorang teman akrab Susi sewaktu di SMP, Solihin GP adalah sosok "guru spiritual" Susi selama ini.

"Oh, Pak Solihin itu guru spiritualnya Bu Susi. Bukan spiritual seperti itu, tapi kalau ada apa-apa, Susi selalu meminta nasihat Pak Solihin sebagai mantan kepala daerah yang sudah paham politik dan pemerintahan," ujar Muhyati (49), salah seorang sahabat sekaligus teman sekolahnya di SMP Pangandaran, Minggu (2/11/2014).

Muhyati menambahkan, sosok Solihin GP sering datang ke rumah Susi, begitu pun sebaliknya. Kunjungan seperti itu sudah terjalin sejak beberapa tahun lalu dan bukan baru-baru ini sejak Susi menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Sudah lama dengan Pak Solihin GP kedekatannya. Jadi, bukan sekarang sudah jadi menteri saja," kata dia.

Muhyati, yang kini bekerja di salah satu perusahaan milik Menteri Susi, mengaku sahabat sekaligus majikannya tersebut selalu menjaga hubungan baik dengan orang lain, apalagi kepada semua sahabat dan kerabatnya selama ini. Termasuk juga kepada dua orang mantan suaminya, yang turut hadir saat penyambutan Susi di kediamannya Sabtu kemarin.

"Kalian pada gak tahu ya? Kemarin kan selain mantan suami Bu Susi, Daniel, mantan suami pertamanya, Pak Yoyo, pun datang ke sini. Mereka terlihat akrab saat acara penyambutan Bu Susi. Jadi, Bu Susi itu selalu bisa menjaga hubungan baik dengan orang lain," tambah Muhyati.

Sosok Solihin GP diketahui datang ke rumah Susi di Pangandaran hampir bersamaan dengan kedatangan menteri nyentrik itu ke rumahnya, kemarin pagi.

Solihin GP yang memakai pangsi atau pakaian adat Sunda terlihat datang bersama anak dan cucunya. Mereka disambut langsung oleh pegawai Susi Air dan diarahkan menuju restoran yang disterilkan oleh pihak protokoler KKP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com