Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berusia Tiga Tahun, Berat Satria Cuma 7 Kilogram

Kompas.com - 01/11/2014, 20:22 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com
- Satria, bocah berusia tiga tahun asal Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, hanya memiliki berat badan tujuh kilogram. Sehari-hari, anak sulung dari pasangan Kahar–Nurlia ini hanya bisa duduk di tempat tanpa bisa menggerakkan badannya sendiri.

Menurut orangtuanya, Satria lahir normal dengan berat badan 3,5 kilogram. Satria diketahui mulai tumbuh tidak normal saat berumur satu tahun. Saat itu, saat Nurlia merantau ke Malaysia dengan harapan bisa memperbaiki kondisi hidup dan perekonomian keluarganya. Kelainan pertumbuhannya tidak terpantau dengan baik hingga hampir dua tahun kemudian sang ibu kembali dari Malaysia.

Akhirnya, Satria mengalami keterlambatan pertumbuhan fisik. Orangtuanya beralasan tak pernah memeriksakan kondisi kesehatan Satria karena alasan tidak punya biaya yang cukup.

“Saya belum pernah membawa anak saya untuk periksa karena tidak punya biaya dan belum punya Jamkesmas. Jangankan berobat, biaya hidup saja morat-marit. Pendapatan saya sebagai pekerja serabutan yang tidak seberapa tidak mungkin membawa Satria ke rumah sakit yang biayanya mahal,” ujar Kahar saat ditemui di rumah kontrakannya.

Kehidupan orang tuanya sebagai pekerja serabutan yang menumpang hidup dari satu rumah warga ke rumah lain. Saat ini Kahar bersama istrinya Nurlia menunpang di salah satu rumah warga sambil bekerja apa saja mulai dari menjadi buruh panen padi, kuli bangunan hingga menjadi buru petik rumput laut.

Kahar dan Nurlia bekerja serabutan. Mereka juga hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain dimana ada pekerjaan. Keduanya juga kerap menumpang hidup bergantian di rumah warga di sekitar tempat kerja mereka.

Kahar biasanya bekerja serabutan mulai dari jadi buruh panen padi, buruh bangunan, hingga menjadi buruh petik rumput laut milik warga di desanya. Upahnya tak lebih dari Rp 40.000 sekali kerja. Jika sedang menganggur, praktis pemasukannya tak ada.

Sementara itu, Nurlia tidak bisa bekerja karena harus mengurus Satria dan anak bungsunya. Mereka berharap agar pemerintah bisa membantu kesehatan anaknya, apalagi Satria sudah mempunyai adik yang saat ini baru berusia dua bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com