Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badan Pesawat Latih yang Jatuh di Perairan Moyo Diduga Terseret Arus

Kompas.com - 01/11/2014, 06:10 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Badan pesawat latih jenis Liberty XL2 C/S PK-LLC milik Lombok Institut Flight Technology (Lift) yang diperkirakan jatuh di sekitar Perairan Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), hingga Jumat (31/10/2014) petang belum ditemukan.

Menurut perkiraan Basarnas, pesawat ini diduga terseret arus bawah laut perairan Moyo yang cukup deras. "Kami masih menganalisa. Dari analisa yang kami uraikan, pesawat ini kemungkinan terbawa arus," kata Direktur Operasional dan Pelatihan Basarnas, Marsekal TNI SB Supriyadi, Jumat.

Menurut Supriyadi, badan pesawat yang diperkirakan tenggelam di Perairan Moyo kemungkinan bergeser menjauh dari posisi puing-puing pesawat yang ditemukan Basarnas, menuju ke arah laut dalam. "Karena kalau dia dibawa arus, maka akan menuju daerah kedalaman. Kecuali dia tersangkut di karang," kata dia.

Terlebih lagi, ujar Supriyadi, pesawat ini tidak memungkinkan bisa terapung kembali. Menurut dia hal ini karena ruang udara kosong yang ada di pesawat hanya pada bagian tangki bahan bakar. "Harapan kami mudah-mudaham masih di sekitar pantai itu, sehingga penyelaman akan kami lanjutkan untuk hari ketiga," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com