Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Padat Penduduk Terbakar, Warga "Pindah" ke Masjid

Kompas.com - 01/11/2014, 04:15 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Ratusan warga di kawasan Jalan Baru dan kawasan Soabali Kecamatan Nusaniwe Ambon, Maluku, Sabtu (1/1/2014) dini hari mengungsikan barang-barang miliknya ke Masjid Raya Alfatah dan Masjid Jami setelah kebakaran hebat membakar rumah-rumah warga di dua kawasan tersebut.

Pantauan Kompas.com warga saling membantu mengeluarkan barang-barang dari rumah setelah api terus membesar dan menjalar ke rumah-rumah warga lainnya. Tak hanya barang berharga dan dukumen, warga juga membawa serta perabot rumah tangga yang masih bisa diselamatkan.

Barang-barang yang berhasil diselamatkan itu lalu ditampung di teras hingga ke halaman masjid yang tak jauh dari lokasi kebakaran. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, api dengan cepat membakar dan menjalar ke rumah-rumah warga di dua kawasan yang berdekatan, lantaran padatnya rumah-rumah penduduk yang saling berhimpitan.

Penyebab kebakaran belum diketahui. Namun sejumlah warga menduga sumber api berasal dari rumah warga Jalan Baru bernama La Ahmad Baco, yang kemudian dengan cepat menyebar ke rumah-rumah warga lainnya.

“Tadi lampu sedang padam waktu lampu menyala kami sudah melihat adanya kebakaran dari rumah bapak La Ahmad Baco, kalau soal penyebab kami tidak tahu,” ujar Muhammad, warga setempat.

Sulitnya akses masuk ke dua kawasan itu membuat petugas pemadam kebakaran hingga pukul 01.00 WIT belum bisa memadamkan korbaran api. Petugas pemadam kebakaran dibantu warga setempat dan aparat TNI Polri masih terus berusaha memadamkan kobaran api. Tak kurang dari 100 rumah dilalap api dalam kebakaran ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com