Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Pesawat Latih yang Hilang, Basarnas Turunkan Tim Penyelam

Kompas.com - 31/10/2014, 16:54 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis


MATARAM, KOMPAS.com - Basarnas menurunkan tim penyelam untuk mencari korban pesawat latih milik pesawat latih jenis Liberty XL2 C/S PK-LLC Lombok Institut Flight Technology (Lift) yang hilang kontak di sekitar Perairan Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurut Direktur Operasional dan Pelatihan Basarnas, Marsekal TNI S.B. Supriyadi, pihaknya menurunkan sebanyak delapan orang tim SAR untuk melakukan penyelaman di sekitar lokasi jatuhnya pesawat yaitu di perairan Moyo.

"Sekarang kita akan melakukan pencarian bawah laut. Berada di perairan Moyo berjarak sekitar 4 mil dari pantai dengan kedalaman 20 meter, sehingga peroses selanjutnya kita akan melakukan penyelaman," kata Supriyadi, Jumat (31/10/2014).

Menurut Supriyadi, delapan aggota SAR yang melakukan penyelaman dilengkapi peralatan selam dan berbagai peralatan untuk menolong korban. Berdasarkan informasi, arus di sekitar lokasi saat ini cukup kuat. Sehingga tim SAR memerlukan tali-tali untuk mengamankan personil penyelam.

"Kita bawa tali sehingga keselamatan para penolong juga bisa terjaga," kata dia.

Selain tim penyelam, pencarian juga dilakukan oleh satu perahu karet, kapal pol air ditambah bantuan dari masyarakat setempat yang ikut mencari.

Menurut Supriyadi, karena berada di kedalamannya 20 meter dari atas permukaan laut, Basarnas memerlukan alat khusus untuk memonitor dari atas serta penyelam-penyelam yang menditeksi dari bawah laut.

"Kalau ombak tidak besar, mudah-mudahan sore ini bisa kita temukan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com