Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Latih yang Hilang di Sumbawa Belum Ditemukan

Kompas.com - 30/10/2014, 19:50 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Mataram, Budiawan mengatakan, hingga pukul 18.00 Wita pesawat latih jenis Liberti XL2 C/S PK-LLC milik Lombok Institut Flight Technology (Lift) yang hilang kontak sekitar pukul 10.30 Wita, masih belum ditemukan.

"Sampai pukul 18.00 Wita, pencarian masih nihil," kata Budiawan, Kamis (30/10/2014).

Menurut Budiawan, pihaknya yang langsung menerima laporan dari bandara M Kaharuddin, Sumbawa, langsung mengerahkan timnya ke lokasi kejadian. Saat ini, Basarnas bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa, Kepolisian Air dan Udara (Pol Airud) telah melakukan pencarian di sekitar lokasi terakhir pesawat kehilangan kontak.

"Kita telah melakukan koordinasi dengan masyarakat setempat dan pihak pemerintah yang ada di sana, untuk setiap informasi yang masuk," kata Budiawan.

Pesawat latih hilang kontak di titik koordinat 08 derajat 20 menit, 09,8 south - 117 derajat, 32 menit, 41,5 east. Menurut data yang dihimpun sementara, pesawat diperkirakan jatuh pada jarak 30,9 derajat ke arah timur Pulau Moyo.

Penerbangan pesawat latih menempuh rute dari Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Sumbawa, lalu ke Pulau Moyo dan Sumbawa. Pukul 11.30 Wita, seharusnya pesawat ini landing di Sumbawa. Namun pada pukul 11.25 Wita, pesawat sudah hilang kontak dengan menara bandara.

Pesawat latih yang berangkat dari Lombok ke Sumbawa diketahui berpenumpang dua orang, yaitu, Kapten Boon, warga negara asing (WNA) asal Singapura dan satu siswa atas nama R Zaki.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com