Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditelepon oleh Jokowi, Plt Bupati Karo Diminta Terus Monitor Pengungsi

Kompas.com - 30/10/2014, 18:19 WIB

MEDAN, KOMPAS.com
- Pasca-kunjungan Presiden Jokowi ke sejumlah titik penampungan pengungsi di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Plt Bupati Karo Terkelin Brahmana mengaku diberi instruksi langsung oleh Jokowi untuk memantau penanganan pengungsi erupsi Gunung Sinabung.

"Karena beliau tidak singgah lagi ke Pemkab, saya tadi ditelepon Pak Jokowi jam 6 sore. Beliau meminta saya terus memonitor perkembangan penanganan pengungsi. Sekaligus jika ada masalah apapun langsung telepon beliau," ujarnya, Kamis (29/10/2014).

Sebelumnya, saat bertemu langsung dengan Jokowi, Terkelin mengatakan sudah melaporkan situasi terkini penanganan relokasi pengungsi kepada Presiden Jokowi. Setelah itu, Terkelin mengatakan, Jokowi langsung menelepon Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

"Tadi di depan kami memang ditelepon langsung Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup oleh Pak Jokowi. Beliau meminta agar izin pemakaian hutan untuk akses (jalan) ke lokasi relokasi dipercepat prosesnya. Dalam dua hari harus sudah masuk," katanya.

Dia berharap menteri di Kabinet Kerja merealisasikan apa yang telah diinstruksikan langsung oleh Jokowi.

"Kami harap menteri di Kabinet Kerja segera merealisasikan semua, apa yang menjadi kebijakan presiden. Harapan Pemkab Karo kementerian bisa bekerja cepat seperti gayanya presiden," ungkap Terkelin.

Hanya saja, lanjutnya, pembicaraan dengan Jokowi belum sampai pada rencana relokasi warga ke lahan pertanian.

"Belum dikaji sampai disitu (lahan pertanian). Beliau harap minimal harus ada progress, itu (lahan pertanian) tahap selanjutnya. Yang terpenting tadi adalah izin pemakaian hutan untuk akses (jalan) masuk ke lokasi relokasi," tambahnya kemudian.

Terkelin pun mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya atas kunjungan Jokowi ke Bumi Turang. Apalagi, ini merupakan kunjungan kerja Jokowi pertama sejak menjabat sebagai presiden.

"Pemkab bukan cerita soal puas tidak puas, kami sangat apresiasi dengan kedatangan Pak Jokowi. Rakyat kami dikunjungi yang pertama dalam pemerintahan yang baru beberapa hari beliau pimpin. Kedatangan beliau kami kira sangat membuahkan hasil positif untuk Masyarakat Karo," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com