Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mata Nelayan, Susi Dikenal Paling Berani Beli Ikan dengan Harga Tinggi

Kompas.com - 30/10/2014, 07:30 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

PANGANDARAN, KOMPAS.com – Sosok Susi Pudjiastuti dikenal oleh para nelayan Kabupaten Pangandaran dan Ciamis sebagai pengepul ikan yang berani membeli dengan harga tinggi. Nelayan pun merasa terbantu dengan adanya standar pembelian tinggi yang ditawarkan perempuan yang kini menjadi menteri Kelautan dan Perikanan RI tersebut.

“Bu Susi itu paling berani beli ikan nelayan dengan harga tinggi. Misalnya begini, biasanya ikan Layur per kilogramnya dua ribu, nah Bu Susi berani beli dari nelayan ikan itu sepuluh ribu per kilogramnya. Alasan Bu Susi, beli dengan harga tinggi ke nelayan karena akan dijual kembali ke luar negeri,” terang Dadang (52), salah seorang nelayan saat ditemui di sekitar Pantai Timur Pangandaran, Rabu (29/10/2014).

Dadang bersama rekan nelayan lainnya mengaku mengenal sosok Susi yang dulu selalu terjun ke pantai untuk membeli ikan hasil tangkapan. Tak sungkan-sungkan, kata Dadang, Susi selalu membawa sendiri hasil pembelian ikannya dari para nelayan untuk dibawa ke rumahnya. Padahal, warga setempat mengetahui bahwa Susi berasal dari keluarga yang berkecukupan.

“Bu Susi itu orangnya tidak merasa sebagai orang kaya, dengan kami mudah berbaur dan bergaul seperti warga biasa lainnya,” kata dia.

Para nelayan di lokasi setempat pun berharap kepada Susi Pudjiastuti untuk bisa membawa perubahan nasib nelayan di seluruh Indonesia. Warga Pangandaran pun optimistis kepemimpinan Susi di Kementerian Kelautan dan Perikanan akan mampu menunjukkan jati diri Indonesia sebagai negara kepulauan dengan wilayah lautnya yang luas.

“Saya yakin Susi jadi menteri akan mampu membawa perubahan, apalagi Indonesia memiliki wilayah laut luas yang kaya akan hasil alamnya,” ungkap Asep (35), salah seorang pengelola restoran sea food di lokasi Objek Wisata Pangandaran.

Diberitakan sebelumnya, Susi Pudjiastuti yang baru dilantik menjadi salah satu menteri di Kabinet Kerja pasangan kepala Negara Jokowi-Jusuf Kalla, menjadi perbincangan hangat di media sosial. Mulai sorotan masalah pendidikannya yang hanya lulusan SMP, gayanya yang nyentrik dan ceplas-ceplos, hobi merajam tato di tubuhnya, kebiasan merokok, sampai diisukan memiliki perusahaan bangkrut.

Namun, tak sedikit pula yang memuji kecerdasan dan kesuksesan Susi dalam berbisnis. Susi juga dipuji sebagai sosok pekerja keras dan mampu menunjukkan kemandiriannya.

Kesuksesan Susi merupakan hasil kerja kerasnya selama belasan tahun belakangan ini. Setiap tahunnya tercatat Susi Air mampu membeli pesawat baru yang harganya puluhan miliar sebanyak enam unit. Bahkan, sampai sekarang pesawat yang dimiliki Susi Air hampir mencapai 80 unit yang beroperasi hampir di seluruh Indonesia.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com