Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Danau dan Nama Anak di Rumah Sekaligus Kantor Susi Pudjiastuti

Kompas.com - 30/10/2014, 04:08 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

PANGANDARAN, KOMPAS.com — Kediaman pribadi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, berfungsi pula sebagai kantor perusahaan-perusahaannya. Di kompleks yang sama, terdapat mes tempat tinggal pegawai dan fasilitas lain.

Berlokasi di Jalan Merdeka Nomor 312, Pangandaran, sekilas hanya terlihat rumah berbatas jalan selebar enam meter. Dua orang satpam berseragam lengkap berdiri di depan gerbangnya.

Saat memasuki gerbang, dua gedung bertingkat yang dipakai sebagai kantor PT ASI Pudjiastuti Aviation (Susi Air) dan PT ASI Pudjiastuti Marine langsung terlihat. Di samping dua gedung itu, ada bangunan lain yang dipakai sebagai tempat menyortir hasil laut untuk diekspor.

Masuk lebih dalam ke kompleks rumah Susi, terlihatlah bentangan danau luas, lengkap dengan pepohonan dan tanaman lain yang mengitari. Di sekeliling danau ini, tiga bangunan mes pegawai berfasilitas tak kalah dari hoteng bintang berdiri.

Masih di tepi danau, ada pula restoran untuk para pegawai. Keasrian lokasi di sekitar restoran pun semakin lengkap dengan pemandangan muara sungai yang langsung bertemu dengan Pantai Pangandaran.

“Mes yang kayak hotel ini, semuanya dinamakan (memakai nama) anak-anak kandung Susi," kata salah satu pegawai kepercayaan Susi, Rustam Effendi, Rabu (29/10/2014). Sembari berkeliling bersama Kompas.com, dia menyebutkan nama-nama itu adalah Hilman, Nadine, dan Alvi.

Rustam pun menampik kabar bahwa ada pabrik atau aset perusahaan Susi yang berada di Cilacap, Jawa Tengah. Menurut dia, perusahaan Susi hanya menjalin kerja sama dengan perusahaan lain yang ada di Cilacap terkait pengadaan hasil laut dan fasilitas pelabuhan untuk pengirimannya.

"Di sana itu, kalau enggak salah ada pabrik hasil laut milik perusahaan Jepang, bukan milik Bu Susi,” kata Rustam.

Susi adalah sosok menteri yang menarik perhatian publik karena keunikan tampilan maupun karakternya. Hanya mempunyai ijazah SMP, Susi juga mempunyai gaya bicara ceplas-ceplos, kebiasaan merokok, dan mempunyai tato.

Meski demikian, Susi juga adalah pengusaha yang memiliki perusahaan besar di bidang perikanan dan penerbangan. Asetnya bernilai ratusan miliar rupiah.

Perusahaan penerbangannya, Susi Air, terus tumbuh antara lain terlihat dari bertambahnya armada pesawat per tahun. Saat ini perusahaan tersebut mempunyai sekitar 80 pesawat dan melayani penerbangan jarak pendek di seluruh kawasan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com