Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Lion Air Bawa Sabu Senilai Rp 6 Miliar di Koper

Kompas.com - 29/10/2014, 09:17 WIB
BATAM, KOMPAS.com — Petugas Bea dan Cukai (BC) Batam mengamankan seorang calon penumpang pesawat Lion Air JT 970 tujuan Batam-Surabaya keberangkatan pukul 09.00 WIB, Selasa (28/10/2014), di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau.

Samsudi (31), pria kelahiran Bengkulu, 2 Maret 1983, itu tertangkap tangan menyembunyikan narkoba jenis sabu seberat empat kilogram di dalam koper hitamnya. Barang haram senilai kira-kira Rp 6 miliar ini dibungkus empat kantong plastik yang dipisahkan dalam dua bagian.

Samsudi diamankan petugas BC saat berada di pintu pemeriksaan bandara sekitar pukul 08.00 WIB. Samsudi tak bisa mengelak lagi dengan isi koper bawaannya tersebut.

Selain mengamankan Samsudi dan kopernya, petugas juga mengamankan sebuah ransel hitam, sebuah paspor, dua ponsel masing-masing Nokia dan Samsung, serta uang tunai senilai Rp 4 juta.

Dia lantas digiring ke ruang Penindakan dan Penyidikan (P2) Kantor Bea dan Cukai Tipe B Batam di Batuampar untuk dimintai keterangan. Beberapa personel dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri dan Satuan Reserse Narkoba Polresta Barelang ikut mendatangi kantor Bea dan Cukai.

Sekitar pukul 11.45 WIB, dengan mengenakan penutup wajah, pria yang mengenakan kaus hijau itu digiring Wakasat Narkoba Polresta Barelang Iptu Joko Purnawanto dan beberapa personel polisi lainnya keluar dari ruang P2 menuju Mapolresta Barelang.

Kabid P2 Kantor Bea dan Cukai Tipe B Batam, Kunto Prasti, yang dikonfirmasi wartawan, membenarkan penangkapan tersebut. Saat ini kasusnya masih dalam penyelidikan pihak berwenang. "Masih lidik," ucap Kunto singkat melalui pesan singkatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com