Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Seniman Ingatkan Jokowi Lewat Aksi Potong Ayam

Kompas.com - 28/10/2014, 14:12 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com
- Di Surabaya, sejumlah seniman menggelar aksi teatrikal memotong daging ayam untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, Selasa (28/10/2014). Aksi itu merupakan bentuk peringatan kepada pasangan pemimpin baru, Jokowi-Jusuf Kalla agar tidak membantai rakyat kecil yang relatif tidak memiliki kemampuan di hadapan hukum.

Dalam aksinya, sejumlah seniman menggelar teatrikal berbusana serba putih, memotong dan menumbuk daging ayam yang sudah mati, beralas potongan pohon dengan kapak.

"Ayam yang sudah mati ini ibarat rakyat kecil yang sudah tidak berdaya di hadapan hukum, yang masih terus dipotong dan ditumbuk dengan palu," kata koordinator aksi seniman, Taufik Monyong.

Melewati aksi teatrikal berdurasi sekitar 20 menit itu, dia juga mengingatkan agar pasangan Jokowi-Jusuf Kalla tidak lupa dengan kasus perbankan yang masih menjadi persoalan serius penegak hukum, yakni kasus bank Century.

"Kasus Century harus menjadi prioritas Jokowi-JK di awal pemerintahannya. Semua pejabat yang terlibat harus diadili seadil-adilnya," ungkap Taufik.

Selain para seniman, sejumlah elemen mahasiswa juga menggelar aksi di depan Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, antara lain kelompok Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Left Demokration Force (LDF).

Selain berorasi mendesak Jokowi-JK merealisasikan janji kampanyenya, para mahasiswa juga mendesak pemerintah menuntaskan kasus-kasus yang menimpa aktifis pemuda yang hingga kini belum jelas kemana arahnya. Aksi juga serupa juga terjadi di depan gedung DPRD Jatim di Jalan Indrapura Surabaya, semua aksi berjalan lancar dengan kawalan ketat ratusan polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com