Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes PNS, Hasil Tes Wawasan Kebangsaan Putri Jokowi 50

Kompas.com - 24/10/2014, 19:47 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Kahiyang Ayu (23), anak perempuan Presiden Joko Widodo, berada di peringkat 105 dari 196 peserta ujian dengan perolehan skor 300. Masih ada beberapa tes lagi yang harus dijalani Kahiyang untuk bisa menjadi pegawai negeri sipil.

Berdasarkan hasil Computer Assisted Test, Kahiyang mendapat skor untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 50, Tes Inteligensi Umum (TIU) 95, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 155. Kahiyang yang mendaftar untuk lowongan Pemeriksa Pertama di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi harus bersaing dengan 2.500 peserta. Putri Jokowi tersebut berada di peringkat 105 dari 196 peserta dalam kelompok peserta tes.

Sementara itu, berdasarkan situs resmi menpan.go.id tentang Permen PAN dan RB Nomor 29/2014, skor minimal untuk lolos dari masing-masing tes adalah TIU 75, TWK 70, dan TKP: 128. Namun demikian, lolos atau tidaknya Kahiyang Ayu masih harus menunggu pesaing dalam formasi yang akan dipilih.

Sementara itu, Hari Prihatno, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, menegaskan bahwa pihaknya tidak akan memberikan kemudahan khusus untuk Kahiyang karena dia adalah anak dari orang nomor satu di negeri ini.

"Tidak ada perlakuan khusus bagi putri Pak Jokowi, dan bisa dilihat hasil tesnya. Meskipun untuk lolos setidaknya masih ada beberapa tes lagi dan melihat persaingan dalam formasi yang dipilih peserta tes," katanya, Jumat (24/10/2014).

"Masih belum ada pengumuman resmi, karena ada beberapa tahap lagi yang dilakukan. Yang pasti tidak ada perlakuan khusus untuk Kahiyang meski anak presiden," tambah Hari.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com