Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Rush Tersambar KA, 3 Orang Tewas

Kompas.com - 24/10/2014, 15:52 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Mobil Toyota Rush menerobos perlintasan kereta api tanpa palang di Jalan Akuan, Kelurahan Sribasuki, Kotabumi, Lampung Utara, Senin (24/10/2014). Tiga orang meninggal dunia akibat kecelakaan ini.

Kepala bidang Humas Polda Lampung Sulistyaningsih menjelaskan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 10.45 WIB saat kereta penumpang Seminung akan kembali ke Stasiun Tanjungkarang, Bandarlampung. "Ketika melintas tiba-tiba mobil Rush meluncur sehingga tertabrak kereta," kata dia.

Mobil tersebut bermuatan tujuh penumpang perempuan semua. Tiga korban yang meninggal adalah Nurma, Elma dan Juriah. Sisanya mengalami luka berat dan ringan.

Humas PT KAI subdit 3.2 Wilayah Lampung Muhaimin menjelaskan, akibat tabrakan tersebut badan kereta mengalami kerusakan. Namun demikian PT KAI tetap mengoperasikan kereta penumpang itu sesuai dengan jadwal.

"Dalam sehari kereta Seminung mengangkut penumpang dua kali trip dari Stasiun Tanjungkarang menuju Stasiun Kotabumi, karena adanya insiden ini, ada keterlambatan pemberangkatan," kata dia.

Dia juga memandang, perlu diperbanyak sosialisasi tentang undang-undang perkeretaapian. Dalam peraturan tersebut pengguna jalan wajib berhenti dan mendahulukan KA.

Sementara, terkait perlintasan tanpa palang pintu, dia menyebutkan, wilayah subdivre 3.2 Lampung memilliki 125 perlintasan dan 20 di antara telah terpasang pintu perlintasan dan dijaga oleh pegawai dari PT KAI.

"Kami sudah sampaikan pada pemerintah provinsi terkait kondisi perlintasan kereta, yang kami tahu dalam waktu dekat perlintasan H Komarudin di Bandarlampung segera dipasangkan pintu perlintasan karena titik tersebut sudah ramai," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com